Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Andrew Hidayat KPK Ketinggian Perkebunan Kopi

Kopi   merupakan   salah   satu   hasil   komoditi   perkebunan   yang memiliki  nilai  ekonomis  yang  cukup  tinggi  di  antara  tanaman  perkebunan lainnya  dan  berperan  penting  sebagai  sumber  devisa  negara.  Kopi  tidak hanya  berperan  penting  sebagai  sumber  devisa  melainkan  juga  merupakan sumber  penghasilan  bagi  tidak  kurang  dari  satu  setengah  juta  jiwa  petani kopi di Indonesia.

Andrew Hidayat KPK Ketinggian Perkebunan Kopi

Cita rasa kopi yang dihasilkan dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti tanah, ketinggian atau altitude, tekanan udara, proses pascapanen. Tak jarang kami mendengar pertanyaan beberapa hal yang dapat mempengaruhi rasa kopi, salah satunya tentang ketinggian perkebunan kopi.

KPK Ketinggian Perkebunan Kopi

Menurut Andrew Hidayat KPK (Ketinggian Perkebunan Kopi), kopi yang ditanam di ketinggian lebih dari 1300 mdpl, secara fisik memiliki bentuk yang lebih padat dan garis tengah yang lebih merapat dan berbentuk zig-zag. Hal tersebut terjadi karena tingkat kelembaban dan kondisi udara yang mempengaruhi terhadap pertumbuhan kopi yang cenderung lambat. Kopi yang ditanam pada ketinggian tersebut adalah biji kopi arabika. Tak heran jika kopi arabika memiliki waktu produksi yang lebih lama.

Beda halnya dengan biji kopi robusta yang ditanam pada ketinggian kurang dari 800 mdpl. Tanaman kopi tersebut bisa dibilang memiliki ketahanan yang lebih kuat dari biji kopi arabika. Kopi robusta masih bisa tumbuh di level ketinggian berapa pun. Bahkan biji kopi robusta bisa saja ditanam di halaman rumah Anda. Berbeda dengan biji kopi arabika yang memiliki ketahanan lebih rentan terkena penyakit pada tanaman kopi tersebut.

Sama tingginya, beda rasanya

Kata Andrew Hidayat, selain KPK (ketinggian perkebunan kopi), perbedaan suhu yang terjadi tidak hanya berdasarkan tingkat ketinggian di suatu wilayah, melainkan juga pada garis lintang. Sebagai contoh, Andrew Hidayat KPK menjelaskan bahwa suhu udara dengan ketinggian 765 mdpl lebih sejuk daripada suhu udara yang memiliki ketinggian 765 mdpl.

Meskipun ketinggiannya sama di wilayah berbeda, rasa yang dihasilkan akan berbeda karena adanya perubahan suhu tersebut. Perbedaan suhu udara antara wilayah satu dengan wilayah lainnya tidak semata karena ketinggian, melainkan dapat dihitung berdasarkan ketinggian dengan garis lintangnya. Semakin jauh garis lintang pada ketinggian tertentu, maka akan semakin rendah suhu udaranya.

“Apakah semakin tinggi tanaman kopi hasilnya akan lebih baik?”

Kopi yang ditanam pada ketinggian lebih dari 800 mdpl diakui memiliki karakter rasa yang berbeda, seperti tingkat keasaman, aroma dan cita rasa yang lebih bervariasi. Jika Anda sering menemukan kopi dengan cita rasa yang bervariasi, seperti buah-buahan tropis, berries, orange, coklat, kacang, dan varian rasa lainnya, kemungkinan besar kopi tersebut memang berasal dari tanaman > 800 mdpl. Sedangkan, untuk kopi yang ditanam di ketinggian yang lebih rendah memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dan karakter rasa yang lebih sedikit.

andrew hidayat kpk keadaan perkebunan kopi

Iklim dan suhu

Andrew Hidayat menambahkan, selain KPK (ketinggian Perkebunan kopi), suhu di perkebunanan kopi sangat berpengaruh. Untuk kopi jenis arabika dianjurkan curah hujan sekitar 1000 – 1500 mm pertahun, sedangkan kopi robusta maksimal 2000 mm pertahun. Untuk daerah dengan ketinggian  diatas 1000 m memiliki musim kering yang pendek, padahal kopi khususnya kopi arabika membutuhan musim kering yang agak panjang supaya produksinya optimal.

Suhu ini akan berpengaruh pada hasil panen sebab semakin dingin suhu suatu daerah semakin sedikit pula panen yang akan dihasilkan. Namun, tanaman kopi juga tidak bisa ditanam di suhu yang terlalu tinggi. Suhu lingkungan untuk kopi arabika sekitar 16-22°C, sementara robusta mampu beradaptasi dengan suhu sekitar 20-28°C. Hal ini untuk menghasilkan buah berkualitas maksimal.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Andrew Hidayat KPK Ketinggian Perkebunan Kopi "