Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Menghadapi Resesi Ekonomi Ala Andrew Hidayat KPK

Resesi adalah keadaan di mana sebuah perekonomian sebuah negara mengalami penurunan selama dua kuartal secara berturut-turut atau selama satu tahun. Seperti efek domino, resesi bisa menyebar ke negara-negara lain.


9 Tips Menghadapi Resesi Ekonomi Ala Andrew Hidayat KPK

Lantas, bagaimana cara kita mengatasi resesi ekonomi? Simak tips dari Andrew Hidayat KPK di bawah ini sebagai cara menghadapi kemungkinan terburuk resesi ekonomi.

1. Siapkan dana darurat kalian

Menurut Andrew Hidayat KPK, kalian bisa meningkatkan intensitas menabung dana darurat di masa resesi. Atau meningkatkan jumlahnya, misalnya dari awal yang hanya tiga bulan biaya hidup, menjadi enam bulan. Percayalah, strategi akan menyelamatkan kalian pada saat krisis.

2. Lunasi segera utang

Kisahberkualitas.com - Memiliki rencana utang dalam jangka panjang bukan pilihan bijak dalam resesi. Misalnya kalian yang memiliki kartu kredit. Melunasi tagihan kartu kredit bisa membantu meningkatkan tabungan kalian.

3. Resesi adalah keadaan krisis, jadi hemat!

Jika kalian ingin memotong atau bahkan menghilangkan pengeluaran sekunder yang tidak urgent, maka sekarang adalah waktu yang tepat.

4. Tunda dulu pengeluaran besar

"Punya rencana membeli rumah atau mobil? Tahan dulu" Ungkap Andrew Hidayat. Salah satu faktor orang jatuh dalam masa krisis adalah melakukan pembelian besar, tepat sebelum resesi.

5. Resesi adalah keadaan krisis, karenanya rencanakan kembali portofolio saham kalian

Eits, ini tidak berarti kalian membuang kepemilikan saham ya. Namun, ada baiknya kalian memikirkan ulang portofolio ke alternatif yang lebih aman. Misalnya, stok dividen tinggi, real estate investment trust (REITs), dan saham perusahaan pare down.

6. Mulai mengumpulkan kas cadangan karena resesi adalah situasi krisis

Kalian tidak harus menjual investasi untuk mengumpulkan kas. Tetapi, kalian mengumpulkan investasi baru dalam bentuk tunai atau setara kas.

7. Tingkatkan kapasitas dan kualitas kalian di tempat kerja

Resesi adalah pengurangan pegawai. Untuk itu, kalian perlu meningkatkan bargaining sehingga perusahaan mau mempertahankan kalian. Caranya, bisa dengan mengambil pelatihan yang bersertifikat.

8. Cari penghasilan tambahan

Semakin cepat mengumpulkan kas, maka akan semakin baik. Kalian bisa memanfaatkan kemampuan yang selama ini terpendam atau mengembangkan hobi yang ada, tambah Andew Hidayat.

9. Keep a positive mindset!

Tidak bisa dipungkiri jika orang pasti akan khawatir dengan resesi. Dan cara menghadapinya adalah dengan don’t be panic! Memiliki serta mengamalkan positive mindset akan menghindarkan kalian dari masalah.

Semoga tips menghadapi resesi dari Andrew Hidayat KPK ini bermanfaat. Kita pasti bisa melalui resesi ini bersama-sama!

Posting Komentar untuk "9 Tips Menghadapi Resesi Ekonomi Ala Andrew Hidayat KPK"