Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tips Sukses Jualan Online di Medsos Ala Andrew Hidayat

Kisahberkualitas.com - Sekarang lagi zaman jualan online. Ini salah satu pasar yang banyak dimanfaatkan orang untuk melahap keuntungan. Bayangin, kamu nggak perlu sewa tempat untuk buka toko. Kamu juga bisa jual apa saja via online, misalnya pakaian, gadget, buku dan semua kebutuhan.

15 Tips Sukses Jualan Online di Medsos Ala Andrew Hidayat

Nah, salah satu jualan online itu memanfaatkan media sosial atau sosmed. Buat kamu yang pengen memulai usaha jualan di sosmed, tips-tips dari Andrew Hidayat KPK (Komunitas Penjual Keren) ini patut kamu perhitungkan. Yuk simak 15 tips jualan online di sosmed ala Andrew Hidayat KPK, berikut:

1. Jujur

Pertama kali yang Anda wajib punya menurut Andrew Hidayat KPK adalah sifat JUJUR. Jangan sekali-sekali kamu berniat untuk melakukan penipuan, sekecil apapun itu. Ini penting, biar ke depannya pembeli percaya dan mau beli lagi sama kamu.

2. Teliti

Bagi yang sering teledor sama barang dagangan sendiri, harus lebih teliti lagi. Kan nggak asik banget kalau sampai kamu salah kirim barang karena kamu kurang teliti.

3. Ramah

Jangan sampai kamu terbawa emosi kalau banyak costomer yang nanya ini itu tapi nggak jadi beli. Kamu harus tetap ramah melayani pertanyaan mereka. Kalau costomer nyaman sama pelayanan kamu pasti mereka bakal beli di tempat kamu lagi.

4. Paham produk yang kamu jual

produk jualan ala andrew hidayat kpk

Ini tips dari pemilik online shop @april_hijab. Kamu harus tahu dan kenal betul dengan produk yang kamu jual. Ini penting biar kalau ada yang tanya tentang produk yang kamu jual, kamu bisa menjelaskan dengan benar. "Jangan sampai kamu bingung pas ada yang nanya produk yang kamu jual, nanti pembeli nggak percaya sama kamu," ungkap Andrew Hidayat KPK.

5. Tentukan target pasar

Kamu harus mempertimbangkan tentang siapa sih yang bakal jadi pembeli kamu. Kemudian sesuaikan gaya jualanmu dengan tipe pembelimu. Kalau target pasarmu anak muda, kamu harus mengenali apa-apa saja yang lagi tren dan berkomunikasi ala anak muda.

6. Foto yang menarik

"Bikin foto semenarik mungkin dan jangan bohongi pembeli dengan fotomu," ungkap Andrew Hidayat KPK. Logikanya sih, pembeli pasti bakal tertarik kalau barang yang kamu jual itu terlihat menarik. Tapi, jangan sampai melakukan penipuan dengan fotomu itu. Misalnya saja kamu edit berlebihan sampai foto produkmu nggak sesuai sama aslinya.

7. Hubungkan gadget dengan m-banking

Buat kamu yang baru memulai jualan online, ini sangat penting untuk menghindari penipuan. Jangan lupa juga untuk minta bukti transfer dari pembeli kamu.

8. Update selalu barang jualan

Kamu harus selalu memperbarui barang jualan kamu. Jangan lupa perhatikan selera pasar. Apalagi kalau kamu jualan fashion, biasanya harus selalu ada varian baru.

9. Berikan tips pada followersmu

Selain menjual produk kamu juga perlu untuk sesekali menyelinginya dengan berbagai tips tentang barang daganganmu. Selain agar followers tidak bosan, hal ini juga penting untuk membuat followersmu semakin yakin kalau kamu benar-benar ahli di bidangmu.

10. Promosi ke temen-temen kamu

sukses jualan di sosmed ala Andrew hidayat kpk

Suruh teman-teman kamu sebanyaknya buat follow akun jualan kamu. Semakin banyak followers, akan semakin nambah kepercayaan pelanggan ke kamu.

11. Kunci akun jualanmu

Beberapa online shop sengaja mengunci akun Instagram mereka agar orang-orang penasaran tentang barang dagangan mereka. Kalau mereka penasaran, mereka aklan follow kamu, kamu bakalan diuntungkan kalau dapat tambahan followers.

12. Promosi di akun sosmed artis

Biar kamu semakin dikenal, kamu bisa komen di akun sosmed artis dengan mengenalkan produk kamu. Tapi ingat, jangan terlalu banyak spam juga ke artis yang sama. Nanti malah kamu diblokir.

13. Ucapan terima kasih

Berilah perhatian kepada customer dengan mengucapkan terima kasih setelah mereka order. Jangan lupa juga katakan, "Ditunggu next order, Sist."

14. Sabar dan konsisten

sabar ala andrew hidayat kpk

Memulai usaha itu yang pertama paling penting adalah sabar. Kamu jangan mudah lelah dan sedih kalau barang daganganmu belum ada yang laku. Kemudian konsisten, jangan berhenti dan menyerah kalau kamu dapet satu rintangan.

15. Berdoa

"Jangan pernah lupa berdoa" Tambah Andrew Hidayat KPK. Karena manusia hanya bisa berusaha dan Tuhan yang memutuskan maka banyak-banyaklah berdoa.

Posting Komentar untuk "15 Tips Sukses Jualan Online di Medsos Ala Andrew Hidayat"